MAKALAH PASAR
Disusun oleh :
SARI ISKADEWI
X MIA 2 (22)
SMA N 1 CANGKRINGAN
BEDOYO,WUKIRSARI,CANGKRINGAN,SLEMAN
YOGYAKARTA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT
Yang Maha Mendengar lagi Maha
Melihat dan atas segala limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga
saya dapat menyelesaikan tugas yang berbentuk makalah ini sesuai dengan waktu
yang telah direncanakan.
Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada
banginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga
dan sahabatnya yang selalu
membantu perjuangan beliau.
Penyusunan makalah
ini adalah merupakan
salah satu tugas dari “Mata Pelajaran Ekonomi,Akutansi”. Dalam
penulisan makalah ini, tentu banyak pihak yang
telah memberikan bantuan
baik moril maupun
materil. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih
yang tiada hingga kepada :
1. Dra. Sri
Ngatun selaku Guru Mata Pelajaran Ekonomi,Akutansi.
2. Teman-Teman yang
telah banyak memberikan masukan
untuk makalah ini.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, maka saran dan kritik dari semua pihak sangat diharapkan demi
penyempurnaan selanjutnya.
Akhirnya hanya kepada Allah SWT kita
kembalikan semua urusan dan
semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi
semua pihak, khususnya bagi diri saya sendiri dan bagi para pembaca pada umumnya.
Kamis, 20 November 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................................................1
KATA
PENGANTAR...............................................................................................................2
DAFTAR
ISI...........................................................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN
a)
Latar Belakang............................................................................................................4
b)
Maksud Dan Tujuan....................................................................................................4
c)
Rumusan Masalah........................................................................................................4
BAB II
PEMBAHASAN
a)
Pengertian
pasar.........................................................................................................5
b)
Syarat
pasar................................................................................................................5
c)
Fungsi
pasar.................................................................................................................5
d)
Macam-macam
pasar..................................................................................................5
e)
Pasar menurut luas
jaringan distribusi.................................................................6
f)
Pasar menurut
waktu.................................................................................................6
g)
Pasar menurut
sifat...................................................................................................6
h)
Pasar menurut
hubungan...........................................................................................7
i)
Pasar menurut
bentuk...............................................................................................7
j)
Pasar menurut
struktur............................................................................................7
k)
Pasar persaingan
sempurna......................................................................................7
l)
Pasar persaingan tidak
sempurna...........................................................................8
m)
Pasar
monopoli.............................................................................................................9
n)
Pasar monopolistik....................................................................................................10
o)
Pasar
monopsoni.........................................................................................................11
p)
Pasar
oligopsoni.........................................................................................................12
BAB III PENUTUP
a)
Kesimpulan..................................................................................................................13
b)
saran............................................................................................................................13
BAB I
PENDAHULUAN
Sistem ekonomi pasar atau
liberal adalah sebuah sistem dimana adanya kebebasan baik untuk produsen maupun
konsumen untuk berusaha yang didalamnya tidak ada campur tangan pemerintah
untuk mempengaruhi mekanisme pasar, jadi semua mekanisme pengaturan harga
diserahkan ke pasar (tergantung mekanisme supply dan demand).
Umumnya sistem ekonomi
liberal di anut olehnegara-negara yang berada di kawasan barat (Amerika dan
Eropa) seperti yang paling terkenal adalah negara adi daya Amerika Serikat yang
belakangan terkena krisis keuangan.
Ekonomi pasar (liberal)
adalah teori ekonomi yang diuraikan oleh tokoh-tokoh penemu liberal klasik
sepertiAdam Smith atau French Physiocrats Sistem ekonomi liberal tersebut
mempunyai kaitannya dengan "kebebasan alami" yang dipahami oleh
tokoh-tokoh ekonomi liberal klasik tersebut.
Meskipun demikian, Smith
tidak pernah menggunakan paham tersebut. Konsep dari ekonomi liberal ialah
bergerak kearah suatu sistem ekonomi pasar bebas dan sistem berpaham
perdagangan bebas.
BAB II
PEMBAHASAN
v Pengertian Pasar
Pasar
adalah merupakan proses hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli untuk
mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang / jasa yang
diperjualbelikan.
Alasannya
tempat bertemunya penjual dan pembeli tersebut bisa dimana saja. Hal ini
berarti yang membedakan pasar dan bukan pasar adalah kegiatan yang dilakukan
yaitu transaksi jual beli.
v Syarat Pasar
·
Ada Penjual
·
Ada Pembeli
·
Ada Uang
·
Ada Barang
·
Ada Tempat
v Fungsi Pasar
Γ Fungsi Distribusi
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar
penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Γ Fungsi Pembentukan Harga
Dalam fungsi pembentukan harga, pasar berperan
mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
Γ Fungsi Promosi
Dalam fungsi promosi Pasar berperan membangkitkan
minat konsumen untuk membeli barang/jasa tertentu.
v Macam-macam Pasar
Berdasarkan jenisnya, pasar dibedakan menjadi 2 yaitu
:
1)
Pasar Barang Konsumsi
Yaitu tempat untuk memperjualbelikan barang-barang
konsumsi.
Contohnya : barang-barang kebutuhan sehari-hari
seperti sayur mayur, dll.
2)
Pasar Barang Produksi
Adalah tempat untuk memperdagangkan faktor-faktor
produksi.
Contohnya : mesin-mesin produksi, alat pertanian dan
alat transportasi.
v Menurut luas jaringan distribusi, pasar dibedakan menjadi :
a) Pasar Setempat
Adalah pasar yang hanya digunakan oleh anggota
masyarakat yang meliputi suatu daerah kecil tertentu.
b) Pasar Daerah
Adalah pasar yang meliputi daerah tertentu, misalnya
pasar-pasar di kota kabupaten.
c) Pasar Nasional
Merupakan pasar yang meliputi suatu wilayah negara
tertentu.
d) Pasar Internasional
Adalah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang
penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia.
v Menurut waktu bertemunya penjual dan pembeli,pasar dibedakan menjadi :
-
Pasar Harian
Yaitu pasar yang berlangsung setiap hari.
-
Pasar Mingguan
Yaitu pasar yang berlangsung seminggu/sepekan sekali.
-
Pasar Bulanan
Yaitu pasar yang berlangsung sebulan sekali.
-
Pasar Tahunan
Yaitu pasar yang berlangsung setahun sekali. Pasar ini
bersifat nasional bahkan internasional.
v Menurut sifatnya, pasar dibedakan menjadi :
o
Pasar Konkret / Nyata Pasar
Merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk
melakukan transaksi jual beli. Dalam pasar nyata terdapat penjual, pembeli dan
barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat.
o
Pasar Abstrak
Adalah proses interaksi (hubungan timbal balik) yang
dilakukan penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan
barang (output) yang akan diperjualbelikan.
v Menurut hubungan proses pasar
ΓΌ Pasar Input (faktor-faktor produk)
ΓΌ Pasar Output (hasil produk)
v Menurut struktur/bentuk
§ Pasar Persaingan Sempurna
§ Pasar Persaingan Tidak Sempurna
v Peranan Pemerintah Menetapkan harga dasar/eceran
Menetapkan harga maksimum Sebagai pemberi subsidi
Penarik pajak
v Bentuk Pasar Menurut Strukturnya
1) Pasar bersaingan sempurna
Dengan jumlah pedagang yang sangat banyak, mereka
menjual jenis dan macam barang yang hampir sama. Tentu saja mereka akan
bersaing dan berusaha menarik minat para calon pembeli. Dengan itu tentu saja
kamu akan berusaha mencari tahu berapa harga rata-rata barang yang dijual para
pedagang.
Ciri-ciri:
-
Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak
-
Barang dan jasa yang diperjualbelikan homogen
-
Pembeli dan penjual tahu keadaan pasar dengan sempurna
-
Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
-
Faktor-faktor produksi bebas bergerak
-
Tidak ada campur tangan pemerintah
Menentukan harga yang terbentuk merupakan hasil
kesepakatan atau kekuatan permintaan dan penawaran dari pembeli dan penjual. Artinya
barang terakhir yang diproduksi menghasilkan penerimaan yang besarnya sama
dengan biaya per unit.
Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
a) Kebaikan : 1) Mampu mendorong penghematan
2)
Tidak memerlukan iklan
3)
Pembeli dan penjual bebas bertindak
4)
Harga tidak dikendalikan
b) Keburukan :
1) Tidak ada dana penelitian dan pengembangan produk
2) Terbatasnya kebebasan memilih bagi
pembeli
3) gaji dan upah terlalu rendah demi penghematan
v Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Adalah Pasar dengan banyak penjual dan pembeli
sehingga harga dapat ditentukan sendiri, baik oleh penjual maupun pembeli.
Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
-
Pasar monopoli
-
Pasar monopolistik
-
Pasar monopsoni
-
Pasar oligopoli
-
Pasar oligopsoni
ΓΌ Pasar monopoli
Adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual
saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak
ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai
pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi
normal.
Macam-macam pasar monopoli
1) Alamiah :
Muncul karena keadaan alam yang khas.
2) Undang-Undang: Muncul karena pemberlakuan kebijakan
/ Undang-
Undang. Terdiri dari : — Monopoli negara —
Hak cipta — Hak paten —
Hak merk
3) Masyarakat : Muncul karena kepercayaan masyarakat.
4) Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul
karena menguasai
teknologi
dan tenaga ahli.
5) Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu menghemat
/ biaya
produksi.
6) Penguasaan bahan baku : Muncul karena menguasai
bahan baku.
Ciri-ciri pasar monopoli
1) Terdapat satu penjual
2) Harga ditentukan penjual (monopoli)
3) Perusahaan lain sulit memasuki pasar
4) Konsumen tidak bisa pindah walau rugi
5) Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi
masyarakat
Kebaikan pasar monopoli
a) Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
b) Dapat
meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
c) Mudah
mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
d) Dapat
meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian
hak cipta dan hak paten
Keburukan pasar monopoli
a) Perusahaan lain sulit memasuki pasar
b) Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
c) Jumlah produk tergantung monopolis
d) Monopolis umumnya bertindak boros
e) Timbul
eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
Usaha pemerintah mengatasi keburukan
1) Membuat Undang-Undang/peraturan yang mencegah
timbulnya monopoli 2) Menarik pajak tinggi kepada monopolis
3) Mengizinkan impor barang yang sama dengan barang
monopolis
4) Ikut menentukan tinggi rendahnya barang
5) Membuat perusahaan sejenis Pasar Monopolistik
ΓΌ Pengertian Pasar monopolistik
adalah suatu bentuk pasar yang terdapat banyak
perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita
jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita
akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak
sama.
Ciri-ciri pasar monopolistik
1) Jumlah
penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
2) Barang yang dijual berbeda corak
3) Penjual/produsen harus aktif beriklan
4) Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
5) Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga
Kebaikan
a) Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
b) Memberi kepuasan lebih pada pembeli karena ada
persaingan penjual
c) Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
Keburukan
a) Masih
terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan
pasar persaingan sempurna
b) Bagi perusahaan yang kecil, tingkat efisiensinya
relatif rendah
c) Kurang
efisiennya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen
masih kecil Pasar Monopsoni
ΓΌ Pengertian Pasar monopsoni
adalah pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila
perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal.
Contoh : pabrik susu Nestle.
Ciri-ciri pasar monopsoni
1) Hanya ada satu pembeli
2) Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
3) Barang yang dijual merupakan bahan mentah
4) Harga sangat ditentukan pembeli
Kebaikan
1. Kualitas produk lebih terpelihara
2. Penjual akan hemat dalam biaya produksi
Keburukan
1. Pembeli bisa seenaknya menekan penjual
2.Produk yang
tidak sesuai dengan keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang
ΓΌ Pasar Oligopoli
adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa
penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik
pangsa pasar terbesar (price leader).
Ciri-ciri pasar oligopoli
1) Terdapat beberapa penjual
2) Barang yang dijual homogen atau beda corak
3) Sulit dimasuki perusahaan baru
4) Membutuhkan peran iklan
5) Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
6) Harga jual tidak mudah berubah
Macam-macam pasar oligopoli
1)
Oligopoli murni : menjual barang yang homogen.
Contoh : pasar semen
2)
Oligopoli diferensial : menjual barang yang berbeda
corak.
Contoh : pasar mobil, pasar sepeda motor
Kebaikan
1) Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
2) Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
3) Lebih
memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
4) Adanya penerapan teknologi baru
Keburukan
1) Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2) Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong
timbulnya inflasi
3) Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada
kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4) Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan
pemilik faktor produksi
5) Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6) Bisa berkembang ke arah monopoli
Usaha pemerintah mengatasi keburukan
1) Mengeluarkan Undang-Undang anti trust
2) Memberi kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk
pasar
ΓΌ Pasar oligopsoni
adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli,
masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga.
Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.
Ciri-ciri pasar oligopsoni
1) Terdapat beberapa pembeli
2) Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
3) Barang yang dijual merupakan bahan mentah
4) Harga cenderung stabil
Kebaikan
1) Penjual
lebih beruntung karena bisa pindah ke pembeli lain
2) Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual
Keburukan
1) Bisa
berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama
2) Kualitas barang
kurang terpelihara
BAB III
PENUTUP
v KESIMPULAN
Pasar adalah proses hubungan timbal balik antara penjual dan
pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang / jasa yang
diperjualbelikan.
Syarat Pasar
·
Ada Penjual
·
Ada Pembeli
·
Ada Uang
·
Ada Barang
·
Ada Tempat
Fungsi pasar
-
Fungsi distribusi
-
Fungsi pembentukan harga
-
Fungsi promosi
Macam-macam pasar
-
Pasar barang konsumsi
-
Pasar barang produksi
v SARAN
1. Bagi kahidupan
kita sehari – hari pengaruh pasar sangatlah di perlakukan.
2.
Pasar dapat menjadi salah satu titik focus kita di
dalam menjalankan bisnis.
3.
Dan yang terakhir sangat kami harapkan bangaimana
Pengertian dari pasar di atas agar dapat kita jadikan suatu Aplikasi atau
implemintasi di dalam kehidupan kita sehari – hari baik itu kita sebagai
penjual mapun sebagai pembeli.
ini gak ada dapusnya????
BalasHapus