Kamis, 25 September 2014

cacar air




CACAR AIR
            adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, yang disebut virus varicella-zoster. Cacar hanya mengidap manusia sekali selama hidup. penyakit yang menyerang saat sistem kekebalan tubuh seseorang sedang lemah. Cacar air menimbulkan bintik (bisul) kemerahan di kulit dan gatal.
            Penderitanya kebanyakan adalah anak-anak. Kadang cacar air juga dapat menyebabkan komplikasi serius jika mengenai ibu hamil, bayi yang baru lahir atau mereka yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Penyakit dapat menyebar dengan mudah.

v  PENYEBAB
Virus varicella-zoster

v  CARA PENULARAN
Penularannya dapat melalui bersin, batuk, berbagi makanan atau minuman (dengan penderita) atau terkena cairan dari bintik tersebut (bisul).

v  PENCEGAHAN
Menjaga kekebalan tubuh Melakukan vaksin cacar air, bagi bayi diatas usia 1 tahun dan bagi orang dewasa yang sebelumnya belum pernah divaksin atau belum pernah terkena cacar air.

v  SOLUSI
Penderita hendaknya dikarantina agar tidak menulari orang lain, dan usahakan tetap mandi agar terhindar kuman dan bakteri yang berkembang biak pada kulit.

v  FAKTOR
- Belum pernah kena cacar air sebelumnya.
- Belum mendapatkan vaksin cacar air.
- Tinggal dilingkungan yang banyak anak-anak.

v  GEJALA
-  Menyerupai gigitan serangga, merah, gatal dan berair, biasanya pada wajah, kulit kepala, dada dan punggung. Bintik ini baru akan hilang setelah 10 hari.
-  Sakit perut dan kehilangan selera makan.
-  Pusing,batuk kering,demam.
-  Merasa tidak nyaman dan mudah marah.

v  PENGOBATAN
Terapi kasus cacar air biasanya merupakan obat anti virus (golongan acyclovir) dan ditambah dengan obat-obat untuk meredakan gejala yang menyertai, seperti: parasetamol untuk demam, anti histamin untuk mengurangi rasa gatal. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang dosis pemberiannya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar