Kamis, 10 Oktober 2013

PERANG DUNIA II


  

LATIHAN

1. jelaskan  terjadinya perang dunia II di wilayah Eropa!
Perang Dunia di Eropa diawali dengan penyerang Jerman di Polandia. Jerman menyerang dan menduduki Denmark dan Norwergia pada tanggal 9 April 1940. 
 Pada bulan Mei 1940 Jerman menduduki Belanda sehingga Ratu Wilhelmia mengungsi ke Inggris.  kemudian Jerman berhasil menduduki Perancis pada saat tentara Perancis dibawah pimpinan charles de Gaulle yang kemudian mengungsi ke Inggris.
 Angakatan udara Jerman menyerbu Inggris tetapi gagal,kemudian beralih menyerang ke arah Laut Angkatan Laut Inggris. 27 September 1940 Jerman,Italia dan Jepang bersatu dalam Perjanjian Tiga Bangsa.
Jerman dibantu Finlandia dan Rumania menyerbu Rusia namun sebelumnya Hitler telah mengadakan perjanjian dengan uni soviet untuk tidak saling meneyerang. 

2. jelaskan hubungan antara Perang Dunia II dengan pendudukan Jepang di  
     Indonesia! 
Pada awalnya baik namun lama kelamaan memburuk karena Jepang membuat kebijakan-kebijakan yang sangat menyengsarakan rakyat Indonesia.

3. jelaskan bagaimana pembentukan pemerintahan militer pendudukan Jepang di 
    Indonesia! 
Jepang memerlukan bantuan tenaga dari Indonesia maka dari itu jepang membentuk beberapa organisasi militer dan semi militer,yakni :
  • seinendan ( barisan pemuda ) 
  •  keibodan ( barisan pembantu polisi ) 
  •  heiho ( pembantu prajurit Jepang )
  •  syuisyintai ( barisan pelopor)
  •  jawa hokokai ( perhimpunan  kebaktian rakyat jawa )
  • PETA ( pembela tanah air )
 4. jelaskan apa yang dimaksud dengan 3 A ? berhasilakh 3A menarik rasa masa? 
     mengapa demikian?
3A adalah organisasi resmi Jepang yang memprogandakan peranan Jepang sebagai cahaya Asia,Pelindung Asia dan Pemimpin Asia.
3A berhasil memikat rasa massa karena dapat menyejahterakan massa.

 5. jelaskan kebijakan pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia!
kebijakan Jepang dipriotitaskan utuk kepentingan perang. Jepang memaksa rakyat untuk kerja Romusha dan memaksa rakyat menanam tanaman jarak untuk pelumas persenjataan Jepang.
 


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar