Senin, 07 Oktober 2013

sumber energi


ENERGI PRIMER
        Energi primer adalah energi yang di peroleh langsung dari alam,contoh :
v  MINYAK BUMI
minyak bumi berisi beberapa persen sulfur,hidrogen dan karbondalam bentuk arang minyak bumi juga dapat diproduksi sebagai produk minyak bumi. Hidrogensering digunakan untuk pemecah katalitis hidrogen dan hidrosulfurisasi.

v  BATU BARA

 batu bara adalah salat satu bahan bakar fosil. Unsur-unsur utamanya terdiri dari hidrogen,oksigen dan karbon.






v  PANAS BUMI
panas bumi adalah sebuah sumber energi yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi.




v  MINERAL

  mineral adalah suatu unsur atausenyawa yang dalam keadaan normalnya memiliki unsur kristaldan terbentuk dalan proses geologis.






v  RADIO AKTIF
   Radio aktif adalah energi yang dipancarkan atom yang disebarkan melalui gelombang elektromagnetik.






v  ANGIN

   Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara disekitarnya. Angin bergerak dari tekanan udara tinggi ke tekanan udara rendah. Anemometer adalah alat pengukur kecepatan angin.



v  PASANG LAUT

Pasang laut adalah naik / turunnya posisi permukaan perairan yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari.













v  KAYU BAKAR

  kayu bakar biasa digunakan untuk memasak,bahan bakar kereta api,merebus air,dll.







ENERGI SEKUNDER
       Energi sekunder adalah energi yang berasal dari energi primer yang diubah menjadi bentuk energi yang lebih mudah/praktis digunakan,misalnya :

v LISTRIK

 


v ARANG KAYU

 Arang adalah residu hitam yang berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan.
Arang didapat dengan memanaskan kayu,gula,tulang,dll. Arang terdiri dari 85% - 98% karbon dan sisanya abu atau benda kimia lainnya. Arang biasa digunakan untuk keperluan memasak.

v  AKUMULATOR ( ACCU,AKI )

   Akumulator adalah alat yang dapat menyimpan energi ( energi listrik ) dalam bentuk energi kimia. Contoh : baterai dan kapasitor. Setiap sel Aki memiliki tegangan sebesar 2 volt. Aki terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4. 






v BATERAI
 baterai adalah alat listrik kimia yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam betuk listrik. Baterai terdiri dari : batang karbon ( positif ) , seng ( negatf ) dan pasta sebagai elektrolit ( penghantar ).

5 CONTOH SUMBER ENERGI LISTRIK SEKUNDER
Dan Bagian-Bagian Penting
v  1.AkiSEKERING
 Sekering adalah sebuah peralatan listrik yang berguna sebagai pengaman jika terjadi hubung singkat (KONSLETING). Sekering juga memiliki batas arus : 2A, 4A, 6A, 10A, 16A, 20A, 25A, 32A. 
Jenis-jenis sekering yang biasa dipergunakan untuk listrik Rumah Tangga : 
a. Patron Lebur
- Sekering batu/ulir Apabila terjadi arus pendek, maka serabut kabel di dalam sekering ini akan putus. Untuk mengetahui putus tidaknya kita harus membukanya dengan cara melepas penutup sekering, namum sebelum melepas sekering pastikan saklar dibawa sekering diposisikan ke posisi OFF terlebih dahulu. Didalamnya ada serbuk seperti pasir yang berfungsi untuk melebur percikan api dari serabut kabel saat terjadi arus pendek. Ganti serabut kabelnya saja, serbuk jangan dibuang dan pasang kembali. Namun apabila awam dengan kelistrikan, sebaiknya membeli sekering baru untuk keamanan. 


- Sekering Otomatis
 Secara fisik mirip dengan sekering batu/ulir, namun sekering otomatis ini memiliki 2 tombol yang berfungsi untuk meng-ON-kan dan meng-OFF-kan sekering. Cara kerja sekering ini mirip dengan cara kerja sakelar. Saat listrik padam, cek tombolnya.

b. MCB (Miniatur Circuit Breaker)
    MCB adalah alat pembatasan dan pengamanan listrik dari arus beban tinggi dan hubung singkat. Saat ini listrik rumah tangga sudah banyak yang beralih menggunakan MCB untuk pengamanan listriknya.
Di MCB ada tuas yang bisa di ON-OFF kan. Saat listrik padam,cek tuas dan pestikan pada posisi ON.

2. Setelah sekering dipastikan tidak ada masalah, cek MCB yang berada di box APP meter (box meteran) didepan rumah. Pastikan tuas MCB-nya pada posisi 1.
3. Cek tetangga kanan kiri ada yang padam atau tidak. Biasanya apabila yang padam banyak rumah, dari PLN sedang ada pemeliharaan/perbaikan jaringan ataupun gangguan. Namun apabila hanya 1 rumah atau beberapa rumah saja bisa langsung melaporkannya ke Contact Center PLN 123.

4. Setelah seluruhnya sudah dipastikan dalam kondisi ON namun listrik masih padam, segeralah menghubungi Contact Center PLN di layanan 123 supaya didatangkan petugas dari Dinas Gangguan PLN ke lokasi.

Langkah-langkah mengubungi Contact Center PLN 123
1. Siapkan ID Pelanggan/Nomor Rekening listrik (Listrik Pascabayar) atau No.   
     Meter (Listrik Prabayar).
2. Hubungi nomor telepon 123 dari pesawat telephone atau (kode area)123 dari
     Handphone.
3. Agent Contact Center 123 akan probing kepada pelanggan perihal gangguannya.
     Jelaskan saja permasalahannya. Setelah itu pelanggan akan di data (alamat
     lengkap, Petunjuk lokasi, No. Telephone).
4. Tunggu hingga petugas datang. Biasanya petugas dari Dinas Gangguan PLN
     bekerja 24 jam, jadi jangan heran apabila petugas PLN datang ke rumah saat
    tengah malam. Tidak perlu khawatir, pastikan petugas datang dengan     
 menggunakan mobil gangguan PLN. Mintakan surat Perintah Kerjanya untuk memastikan apakah petugas itu benar-benar dari PLN atau bukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar