Selasa, 28 Oktober 2014

produsen,ekonomi

PRODUSEN

Produksi  
yaitu aktifitas manusia yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baik faedah bentuk, faedah waktu, dan faedah yang lainnya. 

Produk 
yaitu hasil dari kegiatan produksi yang berupa barang atau jasa.
 
Produsen
yaitu orang atau badan yang menghasilkan produk baik yang berwujud barang atau jasa.
 
Produktifitas 
yaitu kemampuan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa dalam suatu proses produksi.


Faktor Produksi 
adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa. Pada awalnya, faktor produksi dibagi menjadi empat kelompok, yaitu :
- sumber daya alam ( SDA )
- sumber daya manusia ( SDM )
- modal
- keahlian ( skill )

Cabang-cabang produksi


Perluasan produksi


adalah suatu usaha produsen dalam rangka meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi. Usaha ini dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

a.    Intensifikasi, adalah usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui peningkatan produktivitas faktor-faktor produksi.

b.    Ekstensifikasi, adalah usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui penambahan faktor produksi.

c.    Spesialisasi, adalah usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui pembagian kerja sesuai tingkat keahlian tenaga kerja.

d.    Diversifikasi, adalah usaha peningkatan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui penganekaragaman produk.

e.    Otomatisasi, adalah usaha untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi melalui pemakaian mesin atau peralatan canggih dan modern.

Proses produksi bisa berlangsung dengan melibatkan sumber daya ekonomi. Pemanfaatan sumber daya ekonomi harus dilakukan secara rasional dan bijaksana. Beberapa tindakan yang sesuai dengan etika ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya antara lainmencegah terjadinya pencemaran, memelihara kelestarian sumber daya ekonomi, serta mencari sumber daya alternati


teori-teori produksi 



adalah teori yang menjelaskan hubungan antara kuantitas produk dan faktor-faktor produksi yang digunakan.  Sedangkan fungsi produksi dinyatakan dalam bentuk  :
Q = f(K,L,T,N)

Fungsi produksi output dipengaruhi oleh faktor kapital (K), faktor tenaga kerja (L), teknologi (T), dan tanah (N). Jika faktor-faktor produksi selain tenaga kerja dianggap tetap /konstan maka fungsi produksi ouput dipengaruhi oleh faktor tenaga kerja saja.
Q = f(L)

Faktor–faktor produksi yang bersifat tetap disebut input tetap sedangkan faktor produksi yang berubah di sebut dengan faktor produksi variable.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar