Kamis, 20 November 2014

MAKALAH PASAR



MAKALAH PASAR







Disusun oleh :
SARI ISKADEWI
X MIA 2 (22)





SMA N 1 CANGKRINGAN
BEDOYO,WUKIRSARI,CANGKRINGAN,SLEMAN
                          YOGYAKARTA          
KATA PENGANTAR
         
          Puji  syukur kehadirat  Allah SWT  Yang Maha Mendengar lagi  Maha Melihat dan atas segala limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga saya dapat  menyelesaikan tugas yang  berbentuk makalah  ini sesuai dengan  waktu  yang telah  direncanakan.
         
          Shalawat serta  salam semoga senantiasa tercurahkan kepada banginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta seluruh  keluarga  dan sahabatnya   yang selalu membantu perjuangan beliau.
         
          Penyusunan  makalah  ini  adalah  merupakan  salah  satu tugas  dari “Mata Pelajaran Ekonomi,Akutansi”. Dalam penulisan makalah ini, tentu banyak pihak yang  telah  memberikan bantuan baik  moril  maupun  materil. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang  tiada hingga kepada :

1.    Dra. Sri Ngatun selaku Guru Mata Pelajaran Ekonomi,Akutansi.
2.    Teman-Teman  yang  telah banyak  memberikan  masukan  untuk  makalah ini.

          Saya  menyadari bahwa makalah ini masih  jauh dari sempurna, maka saran  dan kritik dari  semua pihak sangat diharapkan  demi  penyempurnaan selanjutnya.

          Akhirnya hanya  kepada Allah SWT  kita  kembalikan semua urusan  dan semoga  makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi diri saya sendiri dan bagi para pembaca  pada umumnya.    








Kamis, 20 November 2014



                                                                      Penyusun             
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................................1
KATA PENGANTAR...............................................................................................................2
DAFTAR ISI...........................................................................................................................3

BAB I   PENDAHULUAN
a)    Latar Belakang............................................................................................................4
b)   Maksud Dan Tujuan....................................................................................................4
c)    Rumusan Masalah........................................................................................................4

BAB II   PEMBAHASAN
a)    Pengertian pasar.........................................................................................................5
b)   Syarat pasar................................................................................................................5
c)    Fungsi pasar.................................................................................................................5
d)   Macam-macam pasar..................................................................................................5
e)   Pasar menurut luas jaringan distribusi.................................................................6
f)    Pasar menurut waktu.................................................................................................6
g)   Pasar menurut sifat...................................................................................................6
h)   Pasar menurut hubungan...........................................................................................7
i)     Pasar menurut bentuk...............................................................................................7
j)    Pasar menurut struktur............................................................................................7
k)   Pasar persaingan sempurna......................................................................................7
l)     Pasar persaingan tidak sempurna...........................................................................8
m)  Pasar monopoli.............................................................................................................9
n)    Pasar monopolistik....................................................................................................10
o)    Pasar monopsoni.........................................................................................................11
p)   Pasar oligopsoni.........................................................................................................12

BAB III   PENUTUP
a)    Kesimpulan..................................................................................................................13
b)   saran............................................................................................................................13




BAB I
PENDAHULUAN

          Sistem ekonomi pasar atau liberal adalah sebuah sistem dimana adanya kebebasan baik untuk produsen maupun konsumen untuk berusaha yang didalamnya tidak ada campur tangan pemerintah untuk mempengaruhi mekanisme pasar, jadi semua mekanisme pengaturan harga diserahkan ke pasar (tergantung mekanisme supply dan demand).

          Umumnya sistem ekonomi liberal di anut olehnegara-negara yang berada di kawasan barat (Amerika dan Eropa) seperti yang paling terkenal adalah negara adi daya Amerika Serikat yang belakangan terkena krisis keuangan.

          Ekonomi pasar (liberal) adalah teori ekonomi yang diuraikan oleh tokoh-tokoh penemu liberal klasik sepertiAdam Smith atau French Physiocrats Sistem ekonomi liberal tersebut mempunyai kaitannya dengan "kebebasan alami" yang dipahami oleh tokoh-tokoh ekonomi liberal klasik tersebut.

          Meskipun demikian, Smith tidak pernah menggunakan paham tersebut. Konsep dari ekonomi liberal ialah bergerak kearah suatu sistem ekonomi pasar bebas dan sistem berpaham perdagangan bebas.












                                                





BAB II
PEMBAHASAN

v Pengertian Pasar
      Pasar adalah merupakan proses hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang / jasa yang diperjualbelikan.
      Alasannya tempat bertemunya penjual dan pembeli tersebut bisa dimana saja. Hal ini berarti yang membedakan pasar dan bukan pasar adalah kegiatan yang dilakukan yaitu transaksi jual beli.

v Syarat Pasar
·      Ada Penjual
·      Ada Pembeli
·      Ada Uang
·      Ada Barang
·      Ada Tempat

v Fungsi Pasar
Ø Fungsi Distribusi
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Ø Fungsi Pembentukan Harga
Dalam fungsi pembentukan harga, pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.

Ø Fungsi Promosi
Dalam fungsi promosi Pasar berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang/jasa tertentu.

v Macam-macam Pasar
Berdasarkan jenisnya, pasar dibedakan menjadi 2 yaitu :
1)    Pasar Barang Konsumsi
Yaitu tempat untuk memperjualbelikan barang-barang konsumsi.
Contohnya : barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur, dll.

2)   Pasar Barang Produksi
Adalah tempat untuk memperdagangkan faktor-faktor produksi.
Contohnya : mesin-mesin produksi, alat pertanian dan alat transportasi.

v Menurut luas jaringan distribusi, pasar dibedakan menjadi :
a)  Pasar Setempat
Adalah pasar yang hanya digunakan oleh anggota masyarakat yang meliputi suatu daerah kecil tertentu.

b) Pasar Daerah
Adalah pasar yang meliputi daerah tertentu, misalnya pasar-pasar di kota kabupaten.

c)  Pasar Nasional
Merupakan pasar yang meliputi suatu wilayah negara tertentu.

d)  Pasar Internasional
Adalah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia.

v Menurut waktu bertemunya penjual dan pembeli,pasar dibedakan menjadi :
-    Pasar Harian
Yaitu pasar yang berlangsung setiap hari.

-    Pasar Mingguan
Yaitu pasar yang berlangsung seminggu/sepekan sekali.

-    Pasar Bulanan
Yaitu pasar yang berlangsung sebulan sekali.

-    Pasar Tahunan
Yaitu pasar yang berlangsung setahun sekali. Pasar ini bersifat nasional bahkan internasional.

v Menurut sifatnya, pasar dibedakan menjadi :
o  Pasar Konkret / Nyata Pasar
Merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam pasar nyata terdapat penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat.

o  Pasar Abstrak
Adalah proses interaksi (hubungan timbal balik) yang dilakukan penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan barang (output) yang akan diperjualbelikan.

v Menurut hubungan proses pasar
ΓΌ Pasar Input (faktor-faktor produk)
ΓΌ Pasar Output (hasil produk)

v Menurut struktur/bentuk
§  Pasar Persaingan Sempurna
§  Pasar Persaingan Tidak Sempurna

v Peranan Pemerintah Menetapkan harga dasar/eceran
Menetapkan harga maksimum Sebagai pemberi subsidi Penarik pajak

v Bentuk Pasar Menurut Strukturnya
1)  Pasar bersaingan sempurna
Dengan jumlah pedagang yang sangat banyak, mereka menjual jenis dan macam barang yang hampir sama. Tentu saja mereka akan bersaing dan berusaha menarik minat para calon pembeli. Dengan itu tentu saja kamu akan berusaha mencari tahu berapa harga rata-rata barang yang dijual para pedagang.

Ciri-ciri:
-    Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak
-    Barang dan jasa yang diperjualbelikan homogen
-    Pembeli dan penjual tahu keadaan pasar dengan sempurna
-    Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
-    Faktor-faktor produksi bebas bergerak
-    Tidak ada campur tangan pemerintah

Menentukan harga yang terbentuk merupakan hasil kesepakatan atau kekuatan permintaan dan penawaran dari pembeli dan penjual. Artinya barang terakhir yang diproduksi menghasilkan penerimaan yang besarnya sama dengan biaya per unit.

Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
a)  Kebaikan : 1) Mampu mendorong penghematan
                2) Tidak memerlukan iklan
                3) Pembeli dan penjual bebas bertindak
                4) Harga tidak dikendalikan
b) Keburukan : 1) Tidak ada dana penelitian dan pengembangan produk
                      2) Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli
                      3) gaji dan upah terlalu rendah demi penghematan

v Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Adalah Pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga dapat ditentukan sendiri, baik oleh penjual maupun pembeli.

Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
-      Pasar monopoli
-      Pasar monopolistik
-      Pasar monopsoni
-      Pasar oligopoli
-      Pasar oligopsoni

ΓΌ Pasar monopoli
Adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.

Macam-macam pasar monopoli
1) Alamiah            : Muncul karena keadaan alam yang khas.
2) Undang-Undang: Muncul karena pemberlakuan kebijakan / Undang-
     Undang. Terdiri dari : — Monopoli negara — Hak cipta — Hak paten —
     Hak merk
 3) Masyarakat     : Muncul karena kepercayaan masyarakat.
4) Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul karena menguasai
     teknologi dan tenaga ahli.
5) Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu menghemat / biaya
     produksi.
6) Penguasaan bahan baku : Muncul karena menguasai bahan baku.

Ciri-ciri pasar monopoli
1) Terdapat satu penjual
2) Harga ditentukan penjual (monopoli)
3) Perusahaan lain sulit memasuki pasar
4) Konsumen tidak bisa pindah walau rugi
5) Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat





Kebaikan pasar monopoli
a) Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
b) Dapat meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
c) Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
d) Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten

Keburukan pasar monopoli
a) Perusahaan lain sulit memasuki pasar
b) Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
c) Jumlah produk tergantung monopolis
d) Monopolis umumnya bertindak boros
e) Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen

Usaha pemerintah mengatasi keburukan
1) Membuat Undang-Undang/peraturan yang mencegah timbulnya monopoli 2) Menarik pajak tinggi kepada monopolis
3) Mengizinkan impor barang yang sama dengan barang monopolis
4) Ikut menentukan tinggi rendahnya barang
5) Membuat perusahaan sejenis Pasar Monopolistik

ΓΌ Pengertian Pasar monopolistik
adalah suatu bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.

Ciri-ciri pasar monopolistik
1) Jumlah penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
2) Barang yang dijual berbeda corak
3) Penjual/produsen harus aktif beriklan
4) Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
5) Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga



Kebaikan  
a) Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
b) Memberi kepuasan lebih pada pembeli karena ada persaingan penjual
c) Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar


Keburukan
a) Masih terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna
b) Bagi perusahaan yang kecil, tingkat efisiensinya relatif rendah
c) Kurang efisiennya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih kecil Pasar Monopsoni

ΓΌ Pengertian Pasar monopsoni
adalah pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal.
Contoh : pabrik susu Nestle.

Ciri-ciri pasar monopsoni
1) Hanya ada satu pembeli
2) Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
3) Barang yang dijual merupakan bahan mentah
4) Harga sangat ditentukan pembeli

Kebaikan
1. Kualitas produk lebih terpelihara
2. Penjual akan hemat dalam biaya produksi

Keburukan
1. Pembeli bisa seenaknya menekan penjual
2.Produk yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang









ΓΌ Pasar Oligopoli
adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).

Ciri-ciri pasar oligopoli
1) Terdapat beberapa penjual
2) Barang yang dijual homogen atau beda corak
3) Sulit dimasuki perusahaan baru
4) Membutuhkan peran iklan
5) Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
6) Harga jual tidak mudah berubah


Macam-macam pasar oligopoli
1)    Oligopoli murni : menjual barang yang homogen.
Contoh : pasar semen

2)   Oligopoli diferensial : menjual barang yang berbeda corak.
Contoh : pasar mobil, pasar sepeda motor

Kebaikan  
1) Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
2) Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
3) Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
4) Adanya penerapan teknologi baru

Keburukan
1) Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2) Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3) Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4) Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5) Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6) Bisa berkembang ke arah monopoli

Usaha pemerintah mengatasi keburukan
1) Mengeluarkan Undang-Undang anti trust
2) Memberi kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar

ΓΌ Pasar oligopsoni
adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli, masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga. Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.

Ciri-ciri pasar oligopsoni
1) Terdapat beberapa pembeli
2) Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
3) Barang yang dijual merupakan bahan mentah
4) Harga cenderung stabil

Kebaikan
 1) Penjual lebih beruntung karena bisa pindah ke pembeli lain
2) Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual

Keburukan
1) Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama
2) Kualitas barang kurang terpelihara








                                                                                                                                






BAB III
PENUTUP

v  KESIMPULAN
         Pasar adalah proses hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang / jasa yang diperjualbelikan.

Syarat Pasar
·      Ada Penjual
·      Ada Pembeli
·      Ada Uang
·      Ada Barang
·      Ada Tempat

Fungsi pasar
-   Fungsi distribusi
-   Fungsi pembentukan harga
-   Fungsi promosi
                  
Macam-macam pasar
-      Pasar barang konsumsi
-      Pasar barang produksi

v  SARAN
1.       Bagi kahidupan kita sehari – hari pengaruh pasar sangatlah di perlakukan.
2.       Pasar dapat menjadi salah satu titik focus kita di dalam menjalankan bisnis.
3.      Dan yang terakhir sangat kami harapkan bangaimana Pengertian dari pasar di atas agar dapat kita jadikan suatu Aplikasi atau implemintasi di dalam kehidupan kita sehari – hari baik itu kita sebagai penjual mapun sebagai pembeli. 

1 komentar: