Kamis, 13 November 2014

PENAWARAN

penawaran
adalah sejumlah barang / jasa yang akan dijual pada tingkat harga tertentu dan pada jangka waktu tertentu.

macam-macam penawaran
a.   Penawaran Individual : penawaran yang dilakukan oleh seorang produsen atau seorang pedagang di pasar.
b.   Penawaran  Pasar : penawaran yang dilakukan oleh sekelompok produsen atau sekelompok penjual di pasar.

hukum penawaran
“ jika harga barang yang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkanpun akan bertambah, dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkanpun akan berkurang.” 
Hukum penawaran berlaku apabila dalam kondisi cateris paribus yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran adalah tetap.


Kurva penawaran
adalah tempat kedudukan titik-titik yang menunjukan hubungan antara berbagai jumlah barang yang tersedia dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga.

skedul penawaran
 sebuah tabel yang memperlihatkan hubungan antara harga sebuah barang dan kuantitas yang ditawarkannya.

Harga es krim
Kuantitas yang ditawarkan
 0,00
   0,50
1,00
1,50
2,00
2,50
3,00
0
0
1
2
3
4
5

kurva penawaran
adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan, yang dimana apabila jumlah sesuatu barang yang sanggup ditawarkan oleh pada suatu tingkat harga dan tempo masa tertentu.


faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
a. Harga Barang itu Sendiri
b. Harga Barang Pengganti
c. Biaya Produksi
d. Kemajuan Teknologi
e. Pajak
 f. Perkiraan Harga di Masa Depan

fungsi penawaran
fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga (P) dengan jumlah barang (Q) yang ditawarkan. Fungsi penawaran harus sesuai dengan hukum penawaran yang menyatakan bahwaBila harga barang naik, maka jumlah penawarannya bertambah dan bila harga barang turun, maka jumlah penawarannya berkurang.

1 komentar: